Tips Menjadi Freelancer Di Tengah Pandemi Yang Sukses

By | February 7, 2020

Tidak bisa dipungkiri lagi memang bahwa adanya pandemi covid-19 ini sudah membawa sebuah perusahaan besar dalam dunia bisnis. Dimana banyak perusahaan saat ini yang terpaksa harus mengurangi jumlah karyawan dan memindahkan semua kegiatan operasionalnya dengan cara virtual.

Menjadi Freelancer Di Tengah Pandemi

Akan tetapi di balik semuanya bahwa kebutuhan dari freelancer di kabarkan justru terus meningkat. Dimana hal tersebut bagi para pemilik sebuah bisnis dianjurkan dapat membatasi jam kerjanya serta jumlah karyawannya yang bisa datang ke sebuah kantor ketika dan setelah PSBB tersebut berakhir. Dimana kondisi yang satu ini pada akhirnya akan membuat para pekerja freelance akan lebih diminati sebab akan lebih sesuai dengan adanya kondisi saat ini.

Tips Menjadi Freelance Di Tengah Pandemi Yang Sukses

Dengan adanya tren ini maka tidak ada salahnya untuk membekali diri mulai dari sekarang. Jika beralih profesi sebagai freelancer maka berikut ini tips menjadi seorang freelancer yang sukses di masa pandemi covid-19.

  1. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Dikarenakan pekerjaan dapat dilakukan dengan remote maka biasanya bahwa arahan pekerjaan hanya dapat disampaikan dengan email dan telepon saja. Oleh karena itu maka skill yang perlu untuk ditingkatkan supaya bisa menjadi seorang freelancer yang sukses ini dengan meningkatkan kemampuan komunikasinya. Dimana kemampuan ini sangatlah penting supaya harus dapat menangkap pesan dengan pemberi kerja yang jelas. Maka jangan sampai terjadi adanya revisi yang berulang sebab adanya kesalahan dalam komunikasinya.

  1. Terus Menyempurnakan Portofolio

Portofolio adalah salah satu dari kunci kesuksesan seseorang sebagai pekerja freelance. Maka dari itu sebabnya harus berusaha untuk menyempurnakan portofolio dengan terus menerus. Pada saat pekerja freelance ini membludak maka sudah memiliki modal berupa portofolio yang sudah mengagumkan untuk dapat menjalin kerja samanya dengan relasi yang baru. Apabila dapat menunjukkan kumpulan dari portofolionya yang dapat dikatakan istimewa maka relasi baru ini yang dimiliki pastinya tertarik untuk menjadi seorang klien.

  1. Mengatur Manajemen Waktu

Freelancer ini biasanya dapat melakukan pekerjaan dari rumah. Dengan demikian maka harus mempunyai kemampuan untuk mengatur waktunya yang baik supaya pekerjaan bisa terselesaikan dengan tepat waktu. Kemudian atur prioritas pekerjaan ini untuk membuat targetnya supaya dapat termotivasi dapat menyelesaikan secara tepat waktu.

  1. Bersosialisasi Aktif Dengan Sesama Freelancer

Peluang kerja dan inspirasi bisa datang dari mana pun dan termasuk dari kalangan pekerja freelance. Maka janganlah pesimis jika kondisi pada saat ini akan membuat pekerja freelance ini akan membludak. Maka sebaiknya harus lebih aktif dalam bersosialisasi dengan para pekerja freelance dan terutama untuk freelancer yang senior dan sudah di kenal dari lama.

Biasanya bahwa ide dan juga peluang kerjanya yang dapat berawal dari diskusi yang sederhana pada grup pekerja freelance. Maka jangan gentar sebab persaingan yang sehat dan dilakukan dapat membuat bertahan lada dunia freelance.

  1. Fleksibel Untuk Harga

Harga yang akan ditawarkan oleh pekerja freelance ini memang menjadi sebuah sebab persaingan dalam dunia freelance yang semakin ketat. Dimana jumlah dari pekerja freelance ini semakin banyak dan orang-orang yang baru di bidang freelance ini sering menawarkan harganya yang rendah untuk dapat memikat kliennya. Oleh karena itu harus dapat bersikap fleksibel mengenai harga. Maka tidak ada salahnya jika dapat memberikan harganya yang sedikit lebih rendah kepada para klien yang baru dan belum pernah melakukan kerja sama sebelumnya.

Share Button